Langsung ke konten utama

2 Dekade Menjadi Penikmat Drama Korea


Topik ke-5 kali ini membahas tentang Drama Korea yang Sudah Ditonton. Ketika membaca topik ini, entah kenapa teringat bahwa tahun 2015 yang lalu, ketika masih hamil dan banyak waktu luang, saya pernah membuat daftar drama korea yang sudah saya tonton dari awal hingga saat itu. Daftar itu saya tuliskan dalam format excel. Ternyata cukup banyak juga drama yang sudah saya tonton. Nah, seminggu ini saya coba mencari daftar tersebut namun tidak bisa menemukannya karena laptop lama rusak dan semua file dipindahkan ke hard disk eksternal.


Mumpung ada tantangan ini, saya ingin mendaftar ulang semua drama yang pernah saya tonton berdasarkan tahun tayangnya di Korea. Seberapa banyak kah drama yang sudah saya tonton selama dua dekade ini?


***


2000

Tamat :

Autumn in My Heart, All About Eve.


2001

Tamat :

Hotelier


2002

Tamat :

Winter Sonata, Friends


2003

Tamat :

Jewel in the Palace, Stairway to Heaven, Summer Scent


2004

Tamat : 

Full House, Lovers in Paris, Memories of Bali, Sorry I Love You


2005

Tamat :

Sassy Girl Chun-hyang, 18 vs 29, A Love to Kill, My Lovely Sam-Soon, My Girl, Sad Love Story.


2006

Tamat :

Princess Hours


2007

Tamat :

Coffee Prince, Prince Hours


2008

Tamat :

Worlds Within

Belum sampai tamat :

You Are My Destiny


2009

Tamat :

Boys Before Flower, Take Care of Agassi, You're Beautiful, Shining Inheritance


2010

Tamat :

The Birth of the Rich, Sungkyunkwan Scandal, Mary Stayed Out All Night, Cinderella's Stepsister, King of Baking Kim Tak Goo, Pasta, Personal Taste, Playfull Kiss, Athena: Goddess of War, Prosecutor Princess, My Girlfriend Is a Gumiho, Oh My Lady.


2011

Tamat :

Dream High, Baby-faced Beauty, Heartstrings, Lie to Me, 49 Days, City Hunter, Secret Garden, Flower Boy Ramyun Shop

Belum sampai tamat :

Myung Wol the Spy


2012

Tamat :

Dream High 2, The Moon That Embraces the Sun, Arang and the Magistrate, I Miss You, Fashion King, Faith, Rooftop Prince, To the Beautiful You, A Gentleman's Dignity, Cheongdamdong Alice, Reply 1997, Queen In Hyun's Man, Can We Get Married?

Belum sampai tamat :

Love Rain, Big, The King 2 Hearts, Glowing She, Feast of the Gods, Take Care of Us Captain, Bachelor's Vegetable Store, Operation Proposal, The Innocent Man


2013

Tamat : 

Marry Him If You Dare, Bel Ami, Gu Family Book, That Winter the Wind Blows, I Hear Your Voice, Master's Sun, Heirs, You Who Came From the Stars, Flower Boys Next Door, Her Legend


2014

Tamat :

Healer, Cunning Single Lady, Hotel King, God's Gift - 14 Days, Doctor Stranger, 3 Days, It's Okay It's Love, Pinocchio, Angel Eyes, Emergency Couple

Belum sampai tamat :

The Night Watchman, King of High School Life Conduct, Misaeng, Fated to Love You


2015

Tamat : 

Oh My Venus, Producer, Kill Me Heal Me, Angry Mom, A Girl Who Sees Smells, Oh My Ghost.

Belum sampai tamat :

Orange Marmalade


2016

Tamat : 

Love in the Moonlight, Descendants of the Sun, W Two Worlds, Shopaholic Louis, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Legend of the Blue Sea, Signal, The K2, Goblin, Live Up Your Name.

Belum sampai tamat :

Doctors, Romantic Doctor Teacher Kim, Jealousy Incarnate, Cheese in the Trap


2017

Tamat : 

Go Back Couple, I'm Not a Robot, Suspicious Partner, While You Were Sleeping, Because This Is My First Life, Bride of Habaek, Tomorrow with You, A Korean Odyssey, Black, Strong Woman Do Bong Soon.

Belum sampai tamat :

Reunited Worlds, Revolutionary Love


2018

Tamat : 

Are You Human Too?, The Last Empress, 100 Days My Prince, What's Wrong with Secretary Kim?, The Smile Has Left Your Eyes, Memories of the Alhambra, The Beauty Inside, My ID Is Gangnam Beauty, SKY Castle.

Belum sampai tamat :

Lovely Horribly, About Time, Encounter, Clean with Passion for Now, Welcome to Waikiki, Something in the Rain, The Third Charm


2019

Tamat : 

Angel's Last Mission: Love, He Is Psychometric, Touch Your Heart, Her Private Life, Search: WWW, Crash Landing on You, Kill It, Extraordinary You.

Belum sampai tamat :

Blessing of the Sea, Melting Me Softly


2020

Belum sampai tamat : 

Fix You, The World of the Married, Dinner Mate, It's Okay To Not Be Okay.


***


Total ditonton hingga tamat : 115

Total ditonton belum tamat : 34


Daftar ini dibuat berdasarkan apa yang saya ingat. Mungkin ada beberapa drama yang saya lupa pernah menonton. Terutama drama-drama sebelum tahun 2010. Dari daftar ini bisa dilihat betapa tidak pilih-pilihnya saya dalam menonton drama. Saya memilih drama biasanya berdasarkan sinopsis dan cover. Jika kedua hal ini menarik, kemungkinan besar saya akan mencoba menontonnya. Meskipun mungkin setelah menonton saya memutuskan tidak melanjutkan lagi karena bosan, cerita di luar ekspektasi, atau tertarik dengan drama lain yang lebih menarik. Itulah yang saya rasakan pada drama-drama yang berlabel "belum sampai tamat", kecuali pada drama tahun 2020.


Ternyata cukup panjang daftar drama yang saya tonton selama 20 tahun ini, tapi masih terkontrol menurut saya. Tadinya saya pikir sampai menyentuh angka 200-an 😅


Saya mulai banyak menonton diatas tahun 2010. Saat itu saya sudah lulus kuliah, sehingga memiliki lebih banyak waktu luang.


List drama ini akan terus saya update setiap tahun. Wishlist saya sudah panjang sekali. Tapi entah ada waktu dan mood untuk menonton atau tidak (Sok sibuk amat) 🤣

Komentar

  1. Wahh dua dekad, mantap...
    Makanya banyak ya listnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lho. Gak kerasa udah 2 dekade aja 🤭

      Hapus
  2. Dari listnya mba saya sudah hampir semua tahu, tapi juga sama seperti dirimu ada yang belum nonton sampai tamat. Ada juga beberapa hanya tahu dan masih masuk ke playlist harus nonton tapi belum ditonton tonton. Hehehe. Hampir samalah ya, mba pengalaman nontonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. Pengalaman bertahun-tahun ya kita mbak 😁

      yg masih wishlist belum kumasukkan kemari punyaku.

      Hapus
  3. Mbaa rajin beud serius. Haha niat yaa! Daebak cincaa..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih "Be with You" sebagai "Menu Berbuka"

Annyeong!
Ini adalah blog baruku. Dibuat dalam rangka mengikuti tantangan menulis dengan judul "Challenge 30 Topik Seputar Koriya" yang diadakan WAG Drakor dan Literasi. WAG ini adalah "anak" dari Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Sebetulnya tidak ada hubungannya dengan KLIP sih. Hanya saja sekarang ini anggotanya kebanyakan (atau semua) berasal dari peserta KLIP yang suka dengan hal-hal berbau Korea. Mulai dari drama, film, K-Pop hingga kebudayaan.
Kenapa blog baru? Karena blog lama sudah didedikasikan untuk tulisan yang berhubungan dengan travelling saja (Blog lama bisa dilihat disini). Jadi merasa kurang "pas" jika diselingi tulisan tentang per-korea-an. Nantinya blog ini akan berisi bermacam tulisan. Apapun! Tulisan lama saya di blog terdahulu yang tidak ada kaitannya dengan travelling juga akan dipindahkan ke sini. Baiklah begitu saja pembukaannya. Lanjut ke inti tulisan dulu. 😁
Tulisan pertama di blog baru ini dibuat demi memenuhi topik teratas d…

Peringkat Teratas Oppa, Unnie, dan Dongsaeng Favorit

Bulan Agustus ini, jumlah tantangan Drakor dan Literasi dikurangi menjadi 5 topik saja, setelah dua bulan sebelumnya kami menulis 10 topik setiap bulannya. Tampaknya kami mulai mencapai titik jenuh. Menulis topik yang sama terus menerus ternyata juga bisa membuat kita kehabisan ide. Belum lagi isi blog jadi penuh dengan bahasan tentang drama Korea. Bagi yang blognya dikhususkan untuk tema tersebut tidak masalah, tapi bagi yang lain mungkin sedikit kurang nyaman.
Topik minggu ini adalah "Oppa/Unnie/Dongsaeng Favorit". Sebetulnya tidak ada aktor maupun aktris Korea yang benar-benar menjadi favorit saya, atau seringkali disebut dengan Bias. Namun ada beberapa diantara mereka yang sering saya tonton dramanya dan saya suka aktingnya, bahkan terkadang sampai ada perasaan "Kalau dia yang bermain drama atau film, saya harus menontonnya". Mari kita sebut saja sebagai favorit saya, dan inilah urutan tiga teratas dari oppa, unnie dan dongsaeng favorit saya.
OPPA FAVORIT
Oppa, se…

"Tempat" Menonton Drama Korea dari Masa ke Masa

Setelah sebelumnya membahas awal cerita jatuh cinta dengan drama korea, akhir minggu ini kita masuk topik ke-3 dari challenge yang diadakan WAG Drakor dan Literasi. Topik yang diangkat kali ini adalah "Biasa nonton drakor dimana?"
Baca juga : Kenapa Jatuh Cinta dengan Drama Korea?
Jadi dimana biasanya saya menonton drama korea? Kebiasaan menonton saya dari awal hingga saat ini secara garis besar terbagi menjadi tiga fase.
Fase 1 : Masa SMP hingga SMA (2000-2006)Masa ini adalah masa dimana pengguna internet belum sebanyak sekarang. Rata-rata ponsel pun belum bisa mengakses internet. Ini adalah masa kejayaan siaran televisi serta VCD dan DVD. Maka dari televisi lah saya mengenal drama korea untuk pertama kalinya. Hampir semua drama korea yang ditayangkan di televisi saya tonton. Asalkan jam tayangnya sore hari, di jam saya pulang sekolah. Namun terkadang saya harus merelakan tertinggal beberapa episode jika ada pelajaran tambahan atau les.
Sepertinya zaman itu belum banyak juga ya…