Langsung ke konten utama

Setiap Lagu Menyimpan Cerita

Ketika berbicara tentang OST atau Original Soundtrack, ingatan saya selalu melayang pada hari-hari ketika saya masih duduk di bangku SMP. Pada suatu hari, di kelas kami diadakan semacam pentas seni. Para siswa diminta untuk tampil, baik secara individu maupun secara kelompok. Saya tidak terlalu ingat detailnya, namun ada satu hal yang saya ingat sampai sekarang. Seorang teman saya tampil membawakan melodi "Romance de Amor" dengan gitar akustiknya, dan sukses membuat para siswi yang hadir di sana "terpesona", bahkan beberapa siswi sampai berurai air mata.

Melodi "Romance de Amor" ini memang sedang naik daun karena menjadi musik pengiring sebuah drama Korea yang booming saat itu, yaitu Endless Love atau Autumn in My Heart. "Sihir" melodi itu seperti semakin kuat karena dibawakan oleh salah satu siswa idola para wanita di sekolah saya. Ya, para gadis itu bercucuran air mata bukan hanya karena melodi yang menyayat hati, namun juga sosok penuh pesona di hadapan mereka. Hati siapa yang tidak "bergetar" ketika melihat sang pujaan hati membawakan melodi seindah ini? Hatiku pun meronta-ronta kala itu. Sayangnya "pujaan hati" itu adalah milik semua orang. Sungguh masa remaja memang masa yang tiada duanya.


Seperti cerita saya di atas, hidup saya pun memiliki soundtrack-soundtrack tersendiri di setiap perjalanannya. Sebegitu melekatnya musik dan lagu dalam kehidupan saya, sehingga ketika mengingat sebuah lagu, biasanya saya juga akan mengingat kejadian apa yang berkaitan dengan lagu tersebut. Begitu pula dengan drama Korea, OST yang begitu indah dibuat agar ketika kita mendengarnya, kita akan teringat adegan-adegan di dalam sebuah drama. Seperti malam ini ketika saya mendengarkan ulang beberapa ost drama yang pernah menjadi favorit saya. Saya kembali teringat masa-masa ketika lagu-lagu tersebut masuk ke dalam playlist di komputer, laptop atau ponsel saya, dan membuat saya ingin menonton kembali drama-drama tersebut. Bagaimana kalau kalian ikut bernostalgia bersama saya? Kita mulai dari drama Korea pertama yang saya tonton yaitu Autumn in My Heart.


AUTUMN IN MY HEART (2000)


Seperti yang saya ceritakan di atas, drama ini dan lagu-lagunya menemani masa-masa SMP saya yang begitu berwarna-warni bagai pelangi. Saya menontonnya di rumah Mak Buyut setiap malam. Saya tinggal di rumah Mak Buyut karena saya masih bersekolah di Malang, sedangkan orang tua saya sudah pindah ke Batu. Jadi rindu Mak Buyut yang sudah tidak ada lagi di dunia ini.


Reason - Jung Il Young


Prayer - Jung Il Young


WINTER SONATA (2002)


Sebetulnya Winter Sonata tidak terlalu berkesan bagi saya, namun saya suka OST yang satu ini.


From The Beginning Until Now - Ryu


FULL HOUSE (2004)


Masa-masa SMA yang indah adalah hal yang saya ingat ketika teringat Full House dan lagu-lagunya.


Destiny - Why


I Think I love You - Byul


LOVER IN PARIS (2004)


Sama seperti Full House, drama ini dan lagunya juga penyemarak masa SMA saya.


To Your Side - Jo Sung Mo


SASSY GIRL CHUN-HYANG (2005)


Drama di masa SMA yang selalu membuat saya bersemangat untuk segera pulang ke rumah dan menonton lanjutannya. Jadi rindu rumah lama saya di Batu. Sekarang kami sudah tidak menempati rumah itu lagi.


Want You To Be Happy - Lim Hyung Joo


SECRET GARDEN (2010)


Saya menonton drama ini jauh setelah tahun rilisnya. Saya baru menontonnya sekitar tahun 2016 saat saya baru-baru saja menjadi ibu. Saya menonton di siang hari ketika anak saya tertidur. Menonton dari laptop disambungkan ke televisi agar layarnya lebih lebar. Drama dan OST membuatnya membuat saya rindu rumah Bandung.

 

That Man/That Woman - Hyun Bin/Baek Ji Young



Here I am - 4Men feat Mi


MY GIRLFRIEND IS GUMIHO (2010)


Drama ini mengingatkan saya pada masa-masa awal bekerja di Bali. Saya dan teman-teman, termasuk suami yang waktu itu masih teman kerja, suka menonton drama ini dan memutar lagu-lagunya. Malah ada salah satu teman saya yang suka sekali dengan lagu Fox Rain dan selalu memutarnya keras-keras.


Fox Rain - Lee Sun Hee


The Person I Love - Lee Seul Bi


I Can Give You All - Shin Min Ah


HEARTSTRING (2011)


Bisa dibilang drama ini dan lagu-lagunya adalah salah satu hal yang mendekatkan saya dengan suami saat dulu masih menjadi teman kerja. Kami berdua suka menonton drama ini dan sama-sama suka lagu-lagunya. Sebetulnya untuk OST drama ini hampir semuanya saya suka. Namun yang menjadi favorit adalah lagu di bawah ini.


Because I Miss You - Jung Yong Hwa


GOBLIN (2016)

Drama ini saya tonton ongoing di rumah Bandung. Saya menontonnya secara streaming dari ponsel ketika anak tidur. Rindu wifi hahaha.


Lagu yang satu ini cukup mengena di hati saya, dan membuat saya berharap banyak pada dramanya yang ternyata membuat saya kecewa.


Never Far Away - Heize feat Han Soo Ji


MEMORIES OF THE ALHAMBRA (2018)


Drama ini saya tonton di rumah Batam. Hasil download suami di kantor. Drama yang tidak tayang di Viu memang selalu saya minta downloadkan kepada suami. Drama yang membuat saya cukup penasaran sampai sering bergadang dan paginya ngantuk menyerang.


Is You - Ailee


THE BEAUTY INSIDE (2018)


Hampir sama seperti Memories of The Alhambra, drama ini juga sukses membuat saya bergadang hingga dini hari dan paginya berubah menjadi zombie yang dihantui lirik "...annyeong annyeong annyeong, goodbye."


Goodbye - Wendy


Ternyata dari sekian banyak drama yang pernah saya tonton, hanya sedikit OST yang benar-benar melekat di dalam hati. Bagaimana dengan kalian? Apakah ada OST favorit saya yang juga menjadi favorit kalian?


Mau tahu pendapat teman saya tentang OST ini? Yuk baca di list dibawah ini.

Komentar

  1. Aaaah iya Sassy Girl Chunyang lagunya bagus-bagus yaaa. Aku sukakkk!

    BalasHapus
  2. Hiyaa ini dulu masuk playlist semuaa. Hahaha..

    BalasHapus
  3. Waah...dramanya juga gak terlupakan siih yaa..
    OSTnya mewarnai dengan indah.
    Jandi kangen Hyun Bin #eh , hahhhaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soundtrack secret garden itu kece. Aku suka!!!!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih "Be with You" sebagai "Menu Berbuka"

Annyeong!
Ini adalah blog baruku. Dibuat dalam rangka mengikuti tantangan menulis dengan judul "Challenge 30 Topik Seputar Koriya" yang diadakan WAG Drakor dan Literasi. WAG ini adalah "anak" dari Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Sebetulnya tidak ada hubungannya dengan KLIP sih. Hanya saja sekarang ini anggotanya kebanyakan (atau semua) berasal dari peserta KLIP yang suka dengan hal-hal berbau Korea. Mulai dari drama, film, K-Pop hingga kebudayaan.
Kenapa blog baru? Karena blog lama sudah didedikasikan untuk tulisan yang berhubungan dengan travelling saja (Blog lama bisa dilihat disini). Jadi merasa kurang "pas" jika diselingi tulisan tentang per-korea-an. Nantinya blog ini akan berisi bermacam tulisan. Apapun! Tulisan lama saya di blog terdahulu yang tidak ada kaitannya dengan travelling juga akan dipindahkan ke sini. Baiklah begitu saja pembukaannya. Lanjut ke inti tulisan dulu. 😁
Tulisan pertama di blog baru ini dibuat demi memenuhi topik teratas d…

Peringkat Teratas Oppa, Unnie, dan Dongsaeng Favorit

Bulan Agustus ini, jumlah tantangan Drakor dan Literasi dikurangi menjadi 5 topik saja, setelah dua bulan sebelumnya kami menulis 10 topik setiap bulannya. Tampaknya kami mulai mencapai titik jenuh. Menulis topik yang sama terus menerus ternyata juga bisa membuat kita kehabisan ide. Belum lagi isi blog jadi penuh dengan bahasan tentang drama Korea. Bagi yang blognya dikhususkan untuk tema tersebut tidak masalah, tapi bagi yang lain mungkin sedikit kurang nyaman.
Topik minggu ini adalah "Oppa/Unnie/Dongsaeng Favorit". Sebetulnya tidak ada aktor maupun aktris Korea yang benar-benar menjadi favorit saya, atau seringkali disebut dengan Bias. Namun ada beberapa diantara mereka yang sering saya tonton dramanya dan saya suka aktingnya, bahkan terkadang sampai ada perasaan "Kalau dia yang bermain drama atau film, saya harus menontonnya". Mari kita sebut saja sebagai favorit saya, dan inilah urutan tiga teratas dari oppa, unnie dan dongsaeng favorit saya.
OPPA FAVORIT
Oppa, se…

"Tempat" Menonton Drama Korea dari Masa ke Masa

Setelah sebelumnya membahas awal cerita jatuh cinta dengan drama korea, akhir minggu ini kita masuk topik ke-3 dari challenge yang diadakan WAG Drakor dan Literasi. Topik yang diangkat kali ini adalah "Biasa nonton drakor dimana?"
Baca juga : Kenapa Jatuh Cinta dengan Drama Korea?
Jadi dimana biasanya saya menonton drama korea? Kebiasaan menonton saya dari awal hingga saat ini secara garis besar terbagi menjadi tiga fase.
Fase 1 : Masa SMP hingga SMA (2000-2006)Masa ini adalah masa dimana pengguna internet belum sebanyak sekarang. Rata-rata ponsel pun belum bisa mengakses internet. Ini adalah masa kejayaan siaran televisi serta VCD dan DVD. Maka dari televisi lah saya mengenal drama korea untuk pertama kalinya. Hampir semua drama korea yang ditayangkan di televisi saya tonton. Asalkan jam tayangnya sore hari, di jam saya pulang sekolah. Namun terkadang saya harus merelakan tertinggal beberapa episode jika ada pelajaran tambahan atau les.
Sepertinya zaman itu belum banyak juga ya…