Langsung ke konten utama

Apa Itu Tutorial?

Tema rulis kompakan pekan ke-9 adalah "Tutorial". Pasti kalian sering mendengar kata itu, kan? Lalu apakah kalian tahu apa definisinya? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tutorial memiliki empat definisi, antara lain:


1. Pembimbingan kelas oleh seorang pengajar (tutor) untuk seorang mahasiswa atau sekelompok kecil mahasiswa.


2. Pengajaran tambahan melalui tutor.


3. Buku, film, program komputer yang memberikan informasi praktis tentang masalah tertentu.


4. Berkenaan dengan tutor.


Jika melihat definisi tersebut, bisa saya simpulkan bahwa tutorial adalah pelajaran atau informasi tentang suatu masalah yang dibagikan oleh seseorang, buku, tayangan, atau sesuatu lainnya dan disajikan secara praktis atau singkat. Mungkin tips, trik, resep dan hal-hal sejenis juga bisa dimasukkan dalam kategori tutorial, ya?


Setelah membahas definisi tutorial, saya jadi ingin berbagi tutorial yang akhir-akhir ini saya tonton sendiri, bersama suami atau bocah. Inilah beberapa tutorial tersebut :


Tutorial membuat pie susu teflon

Ini adalah tutorial membuat pie susu teflon anti gagal favorit saya yang dibuat oleh yackikuka. Sebenarnya saya menemukan resepnya di Instagram. Namun di sini saya bagikan dari channel youtube-nya. Siapa tahu ada teman-teman yang ingin mencoba. Resep ini sudah saya coba sebanyak 3x, dan semuanya berhasil dengan sukses.



Tutorial menanam tanaman hidroponik

Sebelum mulai menanam secara hidroponik, saya dan suami banyak menonton video-video tutorial yang ada di youtube, terutama untuk tanaman kangkung dan pakcoy yang saat itu kami beli bibitnya. Untuk kangkung kami sudah panen 3x, sedangkan pakcoy masih belum berhasil sekali pun.


Tutorial membuat kincir angin

Anak saya sedang suka membuat kincir dan saya pun belajar dari tutorial yang ada di youtube. Ada dua jenis kincir yang saya pelajari, namun semua saya buat dalam versi tidak bisa berputar. Kenapa tidak berputar? Karena dalam tutorial tersebut menggunakan jarum pentul, sedangkan saya masih ragu membuat mainan untuk anak menggunakan jarum. Sempat saya coba menggunakan tusuk gigi, namun putarannya tidak mulus dan hanya bertahan sebentar saja sebelum akhirnya "instalasi" berputarnya rusak.



Apakah ada tutorial yang menurut kalian menarik? Jika ada silahkan berbagi di kolom komentar, ya.

Komentar

  1. membuat kincir angin tampaknya menarik untuk dicoba..
    Tapi mainan kertas gitu biasanya ga sampe sejam udah ancur..wkwk..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Zona 7 Bunda Sayang (Hari 2)

Hari ke-2 ini kelompok kami sudah semakin matang diskusinya. Kami sudah menentukan judul apa yang akan diangkat, yaitu "Pendidikan Seksualitas pada Anak Usia Dini: Aku, Keluarga dan Sekitar".  Ada 4 materi yang akan kami bahas, antara lain: 1. Tahu Keluarga dan Sekitar 2. Saling Menyayangi 3. Tidur Terpisah dengan Orang Tua atau Saudara 4. Waspada Terhadap Orang di Sekitar Alur kerja juga disusun untuk memudahkan kerja tim. Beberapa teman sekelompok pun sudah ambil bagian dalam pembagian kerja. Mulai dari penanggung jawab, penulis materi, editor, penyusun naskah, desain cover dan isi, tim kreatif, dan lain sebagainya. Namun kali ini saya tidak mengambil peran dalam tugas kelompok. Dan hanya menjadi penggembira serta penyemangat. 😁

Setiap Lagu Menyimpan Cerita

Ketika berbicara tentang OST atau Original Soundtrack , ingatan saya selalu melayang pada hari-hari ketika saya masih duduk di bangku SMP. Pada suatu hari, di kelas kami diadakan semacam pentas seni. Para siswa diminta untuk tampil, baik secara individu maupun secara kelompok. Saya tidak terlalu ingat detailnya, namun ada satu hal yang saya ingat sampai sekarang. Seorang teman saya tampil membawakan melodi "Romance de Amor" dengan gitar akustiknya, dan sukses membuat para siswi yang hadir di sana "terpesona", bahkan beberapa siswi sampai berurai air mata. Melodi "Romance de Amor" ini memang sedang naik daun karena menjadi musik pengiring sebuah drama Korea yang booming saat itu, yaitu Endless Love atau Autumn in My Heart. "Sihir" melodi itu seperti semakin kuat karena dibawakan oleh salah satu siswa idola para wanita di sekolah saya. Ya, para gadis itu bercucuran air mata bukan hanya karena melodi yang menyayat hati, namun juga sosok penuh peson

Pertama dan Tak Terlupakan

Topik 16 kali ini mengangkat tema " Kisah Cinta Pertama/Teman Masa Kecil, Yay or Nay?" . Cinta pertama. Apa yang terbayang di benak kalian ketika mendengar kata cinta pertama? Lawan jenis yang pertama kali menarik hati? Pacar pertama? Atau sesosok manusia yang sampai sekarang masih kalian rindukan? Apapun itu, hanya hati kalian sendiri yang mampu menjawabnya karena memang cinta pertama tidak ada definisi pastinya. Tapi jika ada yang bertanya kepada saya siapa cinta pertama saya? Pasti saya tidak bisa menjawabnya karena tidak ada definisi secara jelas. Mungkin saya akan menjawab "ibu". 🤭 Banyak yang berkata bahwa "Cinta Pertama Sulit Dilupakan." Benarkah? Bisa jadi. Biasanya orang memang cenderung sulit melupakan pengalaman pertama mereka. Pengalaman pertama sebagian besar memang berkesan. Meskipun kesan yang ditimbulkan tidak selalu baik. Tidak hanya soal cinta, pengalaman pertama naik pesawat dan naik speed boat juga masih terkenang jelas dalam ingatan s