Langsung ke konten utama

3 Peran Kim Chang Wan yang Membekas di Hati

Kim Chang Wan adalah ahjussi (Sebutan paman dalam bahasa Korea) yang beberapa bulan ini muncul dalam drama-drama yang saya tonton. Sebetulnya saya ragu dia masuk dalam kategori paman atau kakek, tapi bolehlah saya membahasnya sebagai seorang ahjussi. Drama-dramanya yang pernah saya tonton adalah It's Okay To Not Be Okay, My Love from The Star, Coffee Prince, Worlds Within, Who Are You?, dan Love Story in Harvard. Selain drama dia juga bermain dalam beberapa film. Inilah filmnya yang pernah saya nikmati, 100 Days with Mr. Arrogant, Windstruck, dan Heaven's Postman.


Dari situlah saya mendapatkan inspirasi untuk menulis tentang ahjussi yang satu ini demi melunasi hutang topik ke-23 tantangan Drakor dan Literasi, yaitu "Ahjumma dan Ahjussi Favorit". Memang dia juga masuk dalam jajaran ahjussi pendukung yang saya sukai karena perannya yang seringkali lucu.


Dalam drama terakhir yang sedang saya tonton saat ini, yaitu Find Me In Your Memory, saya kembali dipertemukan dengan ahjussi yang satu ini. Namun disini perannya sedikit serius. Dia berperan sebagai dokter ahli syaraf yang awalnya merawat sang tokoh utama sebelum akhirnya digantikan oleh anaknya. Drama ini belum selesai saya tonton sehingga saya belum bisa menggambarkan karakternya disini secara menyeluruh.


Jadi peran apa sajakah yang pernah dimainkan oleh Kim Chang Wan dalam drama yang saya tonton sebelumnya? Berikut tiga perannya yang masih membekas di ingatan saya.


Pemilik Kedai Kopi - Coffee Prince (2007)

Personel Kedai Kopi "Coffee Prince"

Dalam drama ini Kim Chang Wan berperan sebagai Tuan Hong, seorang pria tua yang mengelola sebuah kedai kopi yang nyaris bangkrut. Go Eun Chan (Yoon Eun Hye) sang tokoh utama wanita berteman dengan Tuan Hong dan sering berkunjung kesana untuk mendapat minuman gratis.

Tuang Hong

Tuang Hong diceritakan sebagai sosok yang menyebalkan dan jorok, namun sebenarnya baik hati. Dia seperti itu karena patah hati dan kehilangan semangat hidup akibat cinta di masa lalu. Dia tidak memperdulikan lagi bagaimana nasib kedainya itu sampai pada suatu hari nenek Choi Han Kyul (Gong Yoo), sang tokoh utama pria, memintanya bekerjasama. Dia meminta agar cucunya diperbolehkan menghidupkan lagi kedai kopi tersebut. Tuang Hong menyetujui dengan berbagai syarat. Dari sinilah cerita tentang kedai kopi The Coffee Prince dimulai.


Pengacara Sahabat Alien - My Love From The Star (2013)

Sang Pengacara dan Tuan Alien

Saat menonton ulang My Love From The Star beberapa minggu yang lalu, saya mendapati bahwa dalam drama ini Kim Soo Hyun juga beradu akting dengan Kim Chang Wan. Kim Chang Wan yang berperan sebagai Jang Young Mok adalah seorang pengacara yang menjadi sahabat Do Min Joon (Kim Soo Hyun) di era modern. 


Kedekatan mereka bermula ketika Do Min Joon, alien yang telah hidup di bumi selama 400 tahun, menyelamatkannya dari usaha bunuh diri. Dia adalah salah satu manusia yang tahu rahasia sang alien tapi tidak merasa takut. Sejak itu, mereka berdua menjadi dekat. Jang Young Mok mengurus segala dokumen-dokumen yang dibutuhkan Do Min Joon, termasuk dokumen kematian yang dibuatnya setiap 10 tahun.

Jang Young Mok

Seperti biasa perannya terasa sabar, bijaksana dan lucu. Bahkan saat sedang beradu mulut dengan ibu Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun), aktris cantik yang dicintai Do Min Joon. Meski marah-marah, tapi ahjussi yang satu ini tetap tampak menggemaskan.


Kepala Rumah Sakit Jiwa - It's Okay To Not Be Okay (2020)

Kepala Rumah Sakit dan Perawat

It's Okay Not To Be Okay merupakan drama reuni antara Kim Chang Wan dan Kim Soo Hyun. Mereka pun mempunyai hubungan yang cukup dekat dalam drama ini. Jika sebelumnya Kim Soo Hyun menjadi atasan, kali ini Kim Chang Wan yang memimpin.


Disini dia mendapatkan peran sebagai Oh Ji Wang, kepala rumah sakit jiwa tempat Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) bekerja sebagai perawat. Gang Tae tertarik bekerja kesana karena sebuah kalimat yang dituliskan oleh pria tersebut. Memang Oh Ji Wang adalah sosok yang penuh perhatian dan tulus, apalagi jika berurusan dengan pasiennya, dan ketulusan itu seringkali membantu para pasiennya menjadi lebih baik. Meskipun terkadang cara yang dipakainya bukan cara yang umum.

Oh Ji Wang

Oh Ji Wang pun membantu Sang Tae, kakak Gang Tae untuk sembuh dari traumanya. Bahkan secara tidak langsung juga turut membantu Gang Tae sembuh dari luka masa lalunya. Kehidupan dua bersaudara itu membaik sejak bekerja di rumah sakit jiwa itu dan bertemu Oh Ji Wang.


Pernahkah kalian menonton drama yang diperankan Kim Chang Wan? Peran apakah yang paling kalian sukai?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Zona 7 Bunda Sayang (Hari 2)

Hari ke-2 ini kelompok kami sudah semakin matang diskusinya. Kami sudah menentukan judul apa yang akan diangkat, yaitu "Pendidikan Seksualitas pada Anak Usia Dini: Aku, Keluarga dan Sekitar".  Ada 4 materi yang akan kami bahas, antara lain: 1. Tahu Keluarga dan Sekitar 2. Saling Menyayangi 3. Tidur Terpisah dengan Orang Tua atau Saudara 4. Waspada Terhadap Orang di Sekitar Alur kerja juga disusun untuk memudahkan kerja tim. Beberapa teman sekelompok pun sudah ambil bagian dalam pembagian kerja. Mulai dari penanggung jawab, penulis materi, editor, penyusun naskah, desain cover dan isi, tim kreatif, dan lain sebagainya. Namun kali ini saya tidak mengambil peran dalam tugas kelompok. Dan hanya menjadi penggembira serta penyemangat. 😁

Setiap Lagu Menyimpan Cerita

Ketika berbicara tentang OST atau Original Soundtrack , ingatan saya selalu melayang pada hari-hari ketika saya masih duduk di bangku SMP. Pada suatu hari, di kelas kami diadakan semacam pentas seni. Para siswa diminta untuk tampil, baik secara individu maupun secara kelompok. Saya tidak terlalu ingat detailnya, namun ada satu hal yang saya ingat sampai sekarang. Seorang teman saya tampil membawakan melodi "Romance de Amor" dengan gitar akustiknya, dan sukses membuat para siswi yang hadir di sana "terpesona", bahkan beberapa siswi sampai berurai air mata. Melodi "Romance de Amor" ini memang sedang naik daun karena menjadi musik pengiring sebuah drama Korea yang booming saat itu, yaitu Endless Love atau Autumn in My Heart. "Sihir" melodi itu seperti semakin kuat karena dibawakan oleh salah satu siswa idola para wanita di sekolah saya. Ya, para gadis itu bercucuran air mata bukan hanya karena melodi yang menyayat hati, namun juga sosok penuh peson

Pertama dan Tak Terlupakan

Topik 16 kali ini mengangkat tema " Kisah Cinta Pertama/Teman Masa Kecil, Yay or Nay?" . Cinta pertama. Apa yang terbayang di benak kalian ketika mendengar kata cinta pertama? Lawan jenis yang pertama kali menarik hati? Pacar pertama? Atau sesosok manusia yang sampai sekarang masih kalian rindukan? Apapun itu, hanya hati kalian sendiri yang mampu menjawabnya karena memang cinta pertama tidak ada definisi pastinya. Tapi jika ada yang bertanya kepada saya siapa cinta pertama saya? Pasti saya tidak bisa menjawabnya karena tidak ada definisi secara jelas. Mungkin saya akan menjawab "ibu". 🤭 Banyak yang berkata bahwa "Cinta Pertama Sulit Dilupakan." Benarkah? Bisa jadi. Biasanya orang memang cenderung sulit melupakan pengalaman pertama mereka. Pengalaman pertama sebagian besar memang berkesan. Meskipun kesan yang ditimbulkan tidak selalu baik. Tidak hanya soal cinta, pengalaman pertama naik pesawat dan naik speed boat juga masih terkenang jelas dalam ingatan s