Langsung ke konten utama

5 Drama Korea Dengan Tema "Tinggal Bersama", Kalian Suka Yang Mana?

Tantangan drakor minggu ini sudah sampai pada topik ke-29. Namun saya terlebih dahulu akan menulis topik ke-27, yaitu tentang "Drama-drama dengan tema yang sama, lebih suka mana?" Sebetulnya saya juga masih berhutang 3 topik sebelumnya. Topik 23 tentang ahjumma dan ahjussi,  serta topik 24 dan 26 tentang K-pop. Tapi sekarang saya sedang ingin menulis tentang topik ke-27 ini.


Kali ini saya ingin membahas drama korea bergenre komedi romantis yang tokoh utamanya tiba-tiba harus tinggal bersama dalam satu atap karena sesuatu dan lain hal. Plot seperti ini sering sekali kita temukan dalam drama korea bukan? Berikut beberapa drama yang mengusung plot semacam itu.


Full House (2004)


Full House menghadirkan Song Hye Kyo dan Rain yang saat itu adalah aktor dan aktris Korea Selatan yang sedang bersinar. Drama ini sukses mencuri hati penonton dan menjadi salah satu drama legendaris.


Berkisah tentang Han Jie Eun (Song Hye Kyo), seorang penulis yang ditipu oleh kedua sahabatnya. Keduanya berkata bahwa Jie Eun memenangkan liburan gratis ke Shanghai, namun ternyata itu hanya tipu muslihat untuk bisa menjual rumah Jie Eun. Sepulang dari Shanghai Jie Eun terkejut mendapati rumahnya sudah dibeli oleh seorang aktor terkenal bernama Lee Young Jae (Rain), yang sempat dikenalnya dalam perjalanannya ke Shanghai.


Jie Eun berusaha mendapatkan kembali rumahnya karena rumah itu adalah rumah peninggalan mendiang ayahnya. Demi mewujudkan hal itu, Jie Eun menyetujui penawaran kawin kontrak yang diajukan oleh Young Jae dan tinggal bersama di rumah tersebut. Dari sanalah cerita cinta keduanya dimulai.


Princess Hours (2006)


Drama yang satu ini adalah adaptasi dari manhwa berjudul Goong. Dibintangi oleh Yoon Eun Hye sebagai Shin Chae Kyeong dan Joo Ji Hoon sebagai Pangeran Lee Shin, drama ini bisa dikatakan sukses pada masanya. Cerita dalam Princess Hours ini mengambil setting kehidupan keluarga kerajaan Korea Selatan di masa modern.


Cerita berawal ketika sang Raja, yaitu ayah dari pangeran Shin, dikabarkan sakit. Karena itulah keluarga kerajaan mencarikan istri untuk pangeran Shin. Lalu menikahlah pangeran Shin dengan Chae Kyeong, seorang gadis dari keluarga biasa. Kenapa mereka bisa menikah? Karena Raja terdahulu telah membuat janji perjodohan dengan kakek Chae Kyeong. Setelah pernikahan itu, Chae Kyeong pun harus tinggal di istana.


Pernikahan mereka tentu tidak didasari rasa cinta. Apalagi Shin sudah menyukai gadis lain sebelum menikah dengan Chae Kyeong. Namun seiring berjalannya waktu, cinta mulai bersemi di hati mereka. Apalagi ketika terjadi konflik-konflik dalam keluarga kerajaan, serta hadirnya orang ketiga yang membuat hubungan mereka semakin dekat.


Personal Taste (2010)


Lee Min Ho membintangi drama ini setelah sukses dalam Boys Over Flower. Bersanding dengan Son Hye Jin, mereka berdua sukses membuat penonton terbawa dalam kisah romantis antara mereka berdua.


Jeon Jin Ho (Lee Min Ho) adalah seorang arsitek. Untuk memenangkan sebuah proyek, dia ingin mempelajari tentang rumah tradisional yang dikenal dengan nama Sanggojae. Ternyata rumah tersebut adalah milik dari ayah seorang perempuan bernama Park Hae In (Son Hye Jin).


Akhirnya Jeon Ji Ho mengajukan untuk menyewa sebuah kamar di rumah tersebut. Park Hae In yang sedang membutuhkan uang karena kasus hutang pun menerimanya. Park Hae In mengira bahwa Jeon Ji Ho memiliki ketertarikan kepada sesama jenis, sehingga dia merasa aman untuk tinggal bersama. Namun seperti pada drama-drama di atas. Cinta tetap tumbuh di antara mereka.


Playfull Kiss (2010)


Drama yang dibintangi Kim Hyun Joong dan Jung So Min ini adalah remake dari drama Jepang berjudul Itazura Na Kiss yang diangkat dari manga berjudul sama. Karena pernah menonton versi Jepangnya, dan jatuh cinta pada sosok Naoki, saya pun menonton versi Koreanya. Ternyata versi Koreanya pun cukup lucu dan menghibur. Meskipun karakter yang diperankan Kim Hyun Joong dalam drama ini kurang "sadis" jika dibandingkan drama Jepangnya.


Drama ini diawali dengan cerita rumah Oh Ha Ni (Jung So Min) yang baru selesai dibangun dan tiba-tiba roboh karena gempa. Sembari menunggu rumah itu dibangun lagi, dia dan ayahnya tinggal sementara di rumah teman masa kecil ayahnya. Ternyata teman masa kecil ayahnya itu adalah ayah dari teman satu sekolah yang Ha Ni sukai, Baek Seung Jo. Sayangnya, Baek Seung Jo, siswa populer dan cerdas itu, pernah menolak Ha Ni karena dia tidak suka perempuan yang bodoh. Memang Oh Ha Ni selalu mendapat peringkat terbawah di kelasnya. Namun semua mulai berubah sejak mereka tinggal dalam satu atap. Tidak hanya benih cinta yang mulai tumbuh di antara mereka, prestasi Ha Ni pun membaik berkat Seung Jo.


Because This Is My First Life (2017)


Drama ini juga diperankan oleh Jung So Min yang bermain dalam Playfull Kiss. Di sini dia  beradu akting dengan Lee Min Ki. Awalnya saya tidak begitu tertarik untuk menonton drama ini, namun karena rekomendasi dari teman-teman, saya putuskan untuk menontonnya, dan ternyata saya malah jatuh cinta pada kisahnya.


Masalah dalam drama ini muncul ketika Yoon Ji Ho (Jung So-Min), yang sudah berbulan-bulan tidak pulang ke rumah mendapati bahwa adiknya sudah menikah. Selama ini dia tinggal bersama adiknya. Namun karena adiknya telah menikah dia merasa tidak bisa lagi tinggal bersama. Sayangnya adik laki-lakinya tersebut adalah pengangguran dan juga anak kesayangan ayahnya yang begitu memuja patriarki. Apalagi setelah tahu calon cucunya berjenis kelamin laki-laki, semakin sayang lha ayahnya kepada adik dan istrinya itu.


Dalam kebingungan mencari tempat tinggal karena keterbatasan dana, salah satu sahabatnya menawarkan sebuah tempat tinggal yang bisa disewa tanpa deposit. Tempat itu adalah sebuah kamar di apartemen seorang laki-laki bernama Nam Se Hee (Lee Min Ki). Merasa mendapat angin segar, Ji Ho menyetujui segala persyaratan yang diajukan oleh Se Hee. 


Awalnya Ji Ho mengira bahwa Se Hee adalah perempuan, begitu pun sebaliknya, Se Hee juga mengira bahwa Ji Ho adalah laki-laki. Sejak awal mereka belum pernah bertemu dan hanya berkontak lewat pesan. Pada suatu hari mereka berjumpa tanpa sengaja, tetapi mereka masih belum sadar bahwa mereka adalah teman satu rumah. Dalam perjumpaan itu Ji Ho mencium Se Hee. Pria asing yang baru ditemuinya.


Akhirnya pada suatu hari mereka pun saling mengetahui identitas masing-masing, dan tentu saja mereka terkejut atas apa yang sudah terjadi. Awalnya Se Hee ragu-ragu antara membiarkan Ji Ho tetap tinggal atau tidak. Namun karena dia membutuhkan uang untuk segera melunasi pinjaman rumahnya, dan juga Ji Ho selama ini menaati segala peraturan bahkan lebih, akhirnya Se Hee pun tetap mengizinkan Ji Ho tinggal di sana. Kedekatan di antara mereka pun semakin bertumbuh seiring berjalannya waktu.


***


Rata-rata drama Korea itu ceritanya memang mengandung pepatah "Witing tresno jalaran soko kulino" alias cinta karena terbiasa. Nah, dalam drama-drama ini cinta tumbuh karena terbiasa tinggal dalam satu atap. Adakah yang mengalami kejadian seperti ini di dunia nyata? Rasanya jarang ya kalau di Indonesia. Hal yang cukup tabu bagi pria dan wanita tinggal dalam satu atap tanpa ikatan pernikahan. Mungkin kalau seperti kasus Oh Ha Ni yang dititipkan ke keluarga lain masih mungkin terjadi.


Lalu dari kelima drama di atas mana yang paling saya suka? Semua saya suka pada masanya. Tapi jika harus disuruh memilih satu, saya akan memilih Because This Is My First Life karena dia menghadirkan beberapa kisah cinta dalam satu tayangan. Kalian sudah menonton drama-drama di atas? Kalau sudah kalian lebih suka yang mana?

Komentar

  1. Mbak asri, tulisannya bagus. Padat bangetπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih

      Padet karena aku tidak pandai basa basi alias membucin nih πŸ˜…

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Jatuh Cinta dengan Drama Korea?

Drama Lawas, Autumn in My Heart Drama Korea adalah salah satu jenis tontonan yang banyak disukai. Dari mulai remaja, ibu-ibu hingga bapak-bapak di luar sana senang menonton tayangan yang satu ini. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana masyarakat dihimbau untuk di rumah saja jika tidak memiliki keperluan penting, semakin banyaklah penikmat drakor bertebaran.  Saya sendiri sudah belasan tahun menjadi penikmat drama Korea. Sejak Endless Love/Autumn in My Heart tayang di stasiun televisi Indonesia. Drama ini bercerita tentang anak yang tertukar (atau sengaja ditukar?), dimana akhirnya kembali ke orang tua masing-masing. Lalu setelah dewasa "mantan" kakak adik yang terpisah bertemu kembali dan saling jatuh cinta.  Cerita ini sukses membuat saya gagal move on hingga saat ini. Apalagi episode-episode awal yang menceritakan harmonisnya hubungan kakak beradik itu saat masih di bangku sekolah. Saya yang seorang anak sulung merasa begitu "iri". Seru membayangka

Tantangan Zona 7 Bunda Sayang (Hari 2)

Hari ke-2 ini kelompok kami sudah semakin matang diskusinya. Kami sudah menentukan judul apa yang akan diangkat, yaitu "Pendidikan Seksualitas pada Anak Usia Dini: Aku, Keluarga dan Sekitar".  Ada 4 materi yang akan kami bahas, antara lain: 1. Tahu Keluarga dan Sekitar 2. Saling Menyayangi 3. Tidur Terpisah dengan Orang Tua atau Saudara 4. Waspada Terhadap Orang di Sekitar Alur kerja juga disusun untuk memudahkan kerja tim. Beberapa teman sekelompok pun sudah ambil bagian dalam pembagian kerja. Mulai dari penanggung jawab, penulis materi, editor, penyusun naskah, desain cover dan isi, tim kreatif, dan lain sebagainya. Namun kali ini saya tidak mengambil peran dalam tugas kelompok. Dan hanya menjadi penggembira serta penyemangat. 😁

Setiap Lagu Menyimpan Cerita

Ketika berbicara tentang OST atau Original Soundtrack , ingatan saya selalu melayang pada hari-hari ketika saya masih duduk di bangku SMP. Pada suatu hari, di kelas kami diadakan semacam pentas seni. Para siswa diminta untuk tampil, baik secara individu maupun secara kelompok. Saya tidak terlalu ingat detailnya, namun ada satu hal yang saya ingat sampai sekarang. Seorang teman saya tampil membawakan melodi "Romance de Amor" dengan gitar akustiknya, dan sukses membuat para siswi yang hadir di sana "terpesona", bahkan beberapa siswi sampai berurai air mata. Melodi "Romance de Amor" ini memang sedang naik daun karena menjadi musik pengiring sebuah drama Korea yang booming saat itu, yaitu Endless Love atau Autumn in My Heart. "Sihir" melodi itu seperti semakin kuat karena dibawakan oleh salah satu siswa idola para wanita di sekolah saya. Ya, para gadis itu bercucuran air mata bukan hanya karena melodi yang menyayat hati, namun juga sosok penuh peson